Thursday, June 7, 2007

Fakultas Psikologi Diserahkan Kepada:
Universitas Kristen Maranatha
Bandung

.



TUGAS PSIKOLOGI FAAL

”THE DIET”


Disusun Oleh:
Romauli N. H (0630161)
Ayu Miranti T (0630175)
Ni Komang Winda Veronika (0630189)
Irma Yuni (0630213)



Diserahkan Tanggal:
6 Mei 2007

THE DIET


Cate mempunyai pengalaman buruk tentang ibunya, karena ibunya mempunyai masalah dengan berat badannya dan ia terkena obesitas, yang menurun padanya dan juga adiknya. Ibunya meninggal karena terlalu banyak makan (kekenyanngan), sejak saat itu ia berjanji untuk tidak menjadi gemuk.
Setelah ibunya meninggal Cate & adiknya, Sam tinggal di sebuah oanti asuhan, karena ayahnya pun telah lebih dahulu meninggal. Disana Cate mempunyai seorang teman pria yang akhirnya menjadi suaminya yang bernama Charles. Cate memulai karirnya dengan bekerjasama bersama dengan Josh membangun Cate’s Cookery, dimana ia mempunyai talenta untuk memasak. Selain itu disana ia membuka kelas memasak.
Suatu hati ia mengetahui bahwa ia akan hamil. Saat itu ia sangat bahagia, ia ingin segera memberitakan kebar gembira itu kepada adik dan suaminya. Namun dokter kandungannya mengatakan bahwa ia harus menjaga kesehatan dirinya & bayinya, karena ia memiliki riwayat penyakit hipertensi, kardiovaskuler, diabetes, & obesitas. Awalnya ia merasa khawatir dan dicekam dengan rasa takut, namun itu segera pudar ketika ia melihat tempat kerjanya, the Cookery.
Cate mendapat kesempatan besar untuk membuat sebuah buku tentang the Cookery dan masakannya, dari seorang murid memasaknya, Gena. Cate ditawarkan popularitas yang besar, tapi ia ingat bahwa ia sedang hamil. Ia merasa tidak adil karena doanya terjawab karena ia akan mempunyai anak dan pada saat yang sama ia mendapatkan kesempatan untuk populer. Namun senyum lalu menghiasi wajahnya ketika Gena mengatakan bahwa buku akan terbit natal tahun depan, dan itu berarti ia masih mempunyai waktu untuk memperbaiki postur tubuhnya setelah melahirkan.
Cate dengan perasaan bahagia membuat masakan untuk makan malam dan pada saat itu ia akan memberitahukan tentang kehamilannya. Namun hari bahagianya itu hancur karena suaminya sendiri tidak menampakkan sorot kegembiraan, lalu adiknya malah memberikan berita yang lain.Cate pun tak sanggup menahan kekecewaannya & mengakui kehamilannya, sesegera mungkin Charles dan Sam merubah suasana yang akhirnya membuat Cate bahagia. Pada saat itu Charles marah padanya karena ia memilih-milih makanan, dan Cate pun dengan mudah memakan kue perayaannya. Pada hari-hari berikutnya Cate pun mulai memakan makanan manis yang membuat tubuhnya merasa enak, dan beberapa hari kemudian ia harus menerima kabar bahwa suaminya harus kehilangan pekerjaan.
Cate sudah menandatangani kontraknya untuk buku terbarunya dan mendapatkan uang mukanya. Lalu dengan uang itu Charles mencoba membuka perusahaan dan beralih ke perusahaan lain namun sealu gagal, yang membuat ia sangat kecewa dan Cate pun merasa seorang diri dalam perkawinannya. Sam, adiknya terus menghabiskan waktu dengan pil dietnya. Sampai suatu hari ia meminta ijin pada Cate untuk pergi bersama dokter dietnya ke Los Angeles. Cate yang merasa seorang diri dan selalu menghabiskan makanan yang dibuatnya setelah kelas memakan.
Berat badan Cate semakin bertambah dari hari ke hari. Dokter kandungannya menyarankan agar ia menjaga berat badannya karena akan membahayakan kandungannya. Sampai suatu ketika perkataan dokter itu menjadi kenyataan. Cate makin bertambah besar, dan ketika ia pergi dengan sahabatnya Josh, ia pingsan. Cate dilarikan ke rumah sakit dan ia harus merelakan kehilangan seorang anaknya, karena ia terjepit pada lemak diperut Cate, jadi hanya anak perempuannya yang selamat. Suami Cate sangat kecewa dan membawa pergi anaknya itu dengan perasaan benci tehadap Cate.
Hari-hari Cate hanya dilalui dengan makan dan makan, sampai perusahaan yang menawarkannya untuk membuat buku membatalkan kontraknya dan ia harus mngembalikan uang yang telah diterimanya. Suatu hari ketika Cate sedang membawa mobil ia melihat banyak orang yang sedang berkerumun dan terdengar bunyi sirine, Cate melihat celana dan rambut yang tergerai, dan ia sadar kalu itu adalah adiknya. Sam meninggal karena terlalu banyak meminum pil diet yang menaikkan tekanan darahnya & menyebabkan serangan jantung yang hebat & fatal. Setelah kejadian itu Cate sangat terpukul, ia merasa telah membunuh adiknya.
Cate beberapa kali merencanakan untuk diet namun selalu gagal. Sudah banyak buku tentang diet yang ia beli, tapi tetap gagal. Sampai suatu ketika ia menemukan sebuah kartu yang bergambar Yesus sedang membagikan 5 roti dan 2 ikan. Ia mencoba untuk mengkombinasikan makanan yang berprotein dan nonkalori. Kekuatan Cate pulih kembali setelah ia membaca dalam Injil tentang cerita Yesus itu.
Berhari-hari Cate menulis dan mencoba banyak resep. Ia mengatur waktu makannya. Dan ia pun berhasil menurunkan berat badannya. Pada suatu hari Charles suaminya mengirimnya sepucuk surat yang menuliskan bahwa ia ingin menyelesaikan masalahnya dengan Cate. Cate sangat bahagia. Ketika bertemu dengan Charles ia berharap akan kembali membangun rumah tangganya yang sudah hancur itu, namun ternyata ia salah. Ketika Chales melihat kantung makanan dalam mobil Cate ia pun menjauh dari Cate dan membawa pergi anaknya.
Cate kembali kecewa pada dirinya dan merasa telah kalah. Namun perasaan itu tidak lama-lama bersarang dalam pikirannya, ia segera bangkit lalu kembali menjalankan dietnya, dan iapun berhasil menurunkan berat badannya sampai kembali normal seperti Cate yang dulu.
Cate mendapatkan karirnya kembali dengan bantuan Josh. Pada saat itulah ia merasa bahwa Josh selalu mencintainya tanpa memandang apapun keadaannya. Cate akhirnya menikah dengan Josh, ia pun medapatkan kembali anak perempuannya yang telah ditelantarkan Charles. Cate pun dapat memaafkan muridnya, Gena yang dengan kasar mencabut kontraknya dulu. Ia kembali meraih Popularitasnya yang dulu hilang, juga keluarga yang mencintai dia.

1 comment:

Anonymous said...

Hello. This post is likeable, and your blog is very interesting, congratulations :-). I will add in my blogroll =). If possible gives a last there on my blog, it is about the Monitor de LCD, I hope you enjoy. The address is http://monitor-de-lcd.blogspot.com. A hug.